Jumat, 18 Maret 2011

BLUES

 APA ITU BLUES ?


Musik Blues adalah sebuah aliran musik vokal dan instrumental yang berasal dari Amerika Serikat (AS). Musik yang mulai berkembang pesat pada abad ke-19 M itu muncul dari musik-musik spiritual dan pujian yang biasa dilantunkan komunitas kulit hitam asal Afrika di AS. Musik yang menerapkan blue note (nada - nada miring) dan pola call and response itu diyakini publik AS dipopulerkan oleh ‘Bapak Blues’–WC Handy (1873-1958).


Percayakah Anda bahwa musik Blues berakar dari tradisi kaum Muslim Awalnya, publik di negeri Paman Sam pun tak meyakininya. Namun, seorang penulis dan ilmuwan serta peneliti pada Schomburg Center for Research in Black Culture di New York, Sylviane Diouf, berhasil meyakinkan publik bahwa Blues memiliki relasi dengan tradisi masyarakat Muslim di Afrika Barat.

Untuk membuktikan keterkaitan antara musik Blues Amerika dengan tradisi kaum Muslim, Diouf memutar dua rekaman. Yang pertama diperdengarkannya kepada publik yang hadir di sebuah ruangan Universitas Harvard itu adalah lantunan adzan–panggilan bagi umat Islam untuk menunaikan ibadah shalat. Setelah itu, Diouf memutar Levee Camp Holler.http://www.youtube.com/watch?v=iBzRhKGdQik

Anyway setelah bla - bla diatas, musik blues adalah akar dari segala jenis musik yang ada di Dunia (ego guwe aja he he he..). pada saat ini musik blues sudah mengalami perkembangan dari segi teknik permainan chord, Partiture dll. namun pada intinya musik blues adalah  musik jiwa, memainkan musik blues lebih kepada penjiwaan (anak sekarang bilangnya "ngesoul") ditambah dengan peningkatan teknik permainan akan lebih asik lagi.

Teknik permainan jenis musik seperti Rock & Roll, Rock chord2 mereka banyak dipengaruhi oleh chord2 blues.

Memang sepintas jika terdengar musik blues itu membosankan (musiknya orang giting se- kebon) kenapa seperti itu ?,. saya mempunyai kesimpulan.perumpamaan musik blues seperti "biang" teh. yang kemudian dicampurkan air dan di tuang ke cangkir - cangkir menjadi rasa yang pas. perumpamaan ini juga bisa umpamakan seperti "biang" gula, dll. (asal jangan biang keladi, bianglala, he he he..)





     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar